PENAWARAN DAN PERMINTAAN AGROWISATA

I GUSTI BAGUS RAI UTAMA, SE., MMA., MA.

AGROWISATA SEBAGAI PARIWISATA ALTERNATIF DI INDONESIA

Solusi Masif Pengentasan Kemiskinan

 

PENAWARAN DAN PERMINTAAN AGROWISATA

 

 

 

Foto Danau Tamblingan, Bali

Sumber: Observasi, 2007

 

 

Dalam konteks produk pariwisata, agrowisata merupakan salah satu aspek produk yang berupa daya tarik wisata dan harus dapat disatukan dengan aspek produk yang lainnya secara harmonis untuk mewujudkan kepuasan wisatawan. Kepuasan wisatawan adalah ukuran terakhir untuk mengukur kualitas dari produk pariwisata.

 

“Agrowisata adalah bagian dari totalitas produk pariwisata yang terkemas pada atraksi wisata dalam penawaran pariwisata”

 

Aspek Penawaran Pariwisata

Menurut Medlik, 1980 (dalam Ariyanto 2005), ada empat aspek (4A) yang harus diperhatikan dalam penawaran pariwisata. Aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut.

a)            Attraction (daya tarik); daerah tujuan wisata untuk menarik wisatawan pasti memiliki daya tarik, baik daya tarik berupa alam maupun masyarakat dan budayanya. Agrowisata yang ditawarkan harus memiliki daya tarik yang benar-benar mimiliki daya pikat bagi calon wisatawan untuk berkunjung.

b)            Accesable (transportasi); accesable dimaksudkan agar wisatawan domestik dan mancanegara dapat dengan mudah dalam pencapaian tujuan ke tempat wisata. Daya pikat  agrowisata harus didukung oleh akses ke objek agro tersebut minimal dapat dijangkau oleh mobil minibus, untuk memastikan sebuah objek layak untuk dikunjungi.

c)            Amenities (fasilitas); amenities memang menjadi salah satu syarat daerah tujuan wisata agar wisatawan dapat dengan kerasan tinggal lebih lama. Fasilitas makan dan minuman mutlak harus  ada, jika perlu makanan atau culinary lokal  mungkin menjadi  suguhan yang memberikan pengalaman lebih bagi wisatawan.

d)            Ancillary (kelembagaan); adanya lembaga pariwisata wisatawan akan semakin sering mengunjungi dan mencari objek apabila di daerah tersebut wisatawan dapat merasakan keamanan, (protection of tourism) dan terlindungi. Tour leader dan travel agent  yang baik adalah syarat minimal untuk menciptakan kepuasan wisatawan.

 

Selanjutnya Smith, 1988 (dalam Pitana, 2005) mengklasifikasikan berbagai barang dan jasa yang harus disediakan oleh DTW menjadi enam kelompok besar, yaitu: (1)Transportation, (2)Travel services, (3)Accommodation, (4)Food services, (5)Activities and attractions (recreation culture/entertainment), dan (6) Retail goods.

Inti dari kedua pernyataan di atas adalah, aspek penawaran harus dapat menjelaskan apa yang akan ditawarkan, atraksinya apa saja, jenis transportasi `yang dapat digunakan apa saja, fasilitas apa saja yang tersedia di objek agro tersebut, siapa saja yang bisa dihubungi sebagai perantara pembelian paket wisata yang akan dibeli.

 

 

Foto Peternakan Tradisional Sapi Bali

Sumber: Observasi, 2007

 

 

 

Aspek Permintaan Pariwisata

Menurut Medlik, 1980 (dalam Ariyanto, 2005), faktor-faktor utama dan faktor lain yang mempengaruhi permintaan pariwisata dapat dijelaskan sebagai berikut:

a)            Harga; harga yang tinggi pada suatu daerah tujuan wisata akan memberikan imbas atau timbal balik pada wisatawan yang akan bepergian, sehingga permintaan wisatapun akan berkurang begitu pula sebaliknya. Survey harga mutlak harus  dilakukan oleh para pengelola objek agrowisata dengan membandingkan dengan harga-harga yang ada pada objek sejenis, seperti melirik harga-harga di Vietnam, Filifina, atau Thailand.

b)            Pendapatan; apabila pendapatan suatu negara tinggi, kecendrungan untuk memilih daerah tujuan wisata sebagai tempat berlibur akan semakin tinggi dan bisa jadi calon wisatawan membuat sebuah usaha pada Daerah Tujuan Wisata jika dianggap menguntungkan.

c)            Sosial Budaya; dengan adanya sosial budaya yang unik dan bercirikan atau berbeda dari apa yang ada di negara calon wisata berasal maka, peningkatan permintaan terhadap wisata akan tinggi hal ini akan membuat sebuah keingintahuan dan penggalian pengetahuan sebagai khasanah kekayaan pola pikir budaya wisatawan. Secara historis, Indonesia lebih dikenal sebagai penghasil rempah-rempah, tembakau, karet, kelapa sawit, kopi, dan kayu hutan. Dengan melirik ke mana tujuan export produk tersebut? Maka dapat diperkirakan negara tersebutlah menjadi sasaran pemasaran agrowisata Indonesia.

d)            Sospol (Sosial Politik); dampak sosial politik belum terlihat apabila keadaan Daerah Tujuan Wisata dalam situasi aman dan tenteram, tetapi apabila hal tersebut berseberangan dengan kenyataan, maka sospol akan sangat terasa dampak dan pengaruhnya dalam terjadinya permintaan.

e)            Intensitas keluarga; banyak atau sedikitnya keluarga juga berperan serta dalam permintaan wisata hal ini dapat diratifikasi, jumlah keluarga yang banyak maka keinginan untuk berlibur dari salah satu keluarga tersebut akan semakin besar, hal ini dapat dilihat dari kepentingan wisata itu sendiri.

f)             Harga barang substitusi; disamping kelima aspek di atas, harga barang pengganti juga termasuk dalam aspek permintaan, dimana barang-barang pengganti dimisalkan sebagai pengganti DTW yang dijadikan cadangan dalam berwisata seperti: Bali sebagai tujuan wisata utama di Indonesia, akibat suatu dan lain hal Bali tidak dapat memberikan kemampuan dalam memenuhi syarat-syarat Daerah Tujuan Wisata sehingga secara tidak langsung wisatawan akan mengubah tujuannya ke daerah terdekat seperti Malaysia dan Singapura.

g)            Harga barang komplementer; merupakan sebuah barang yang saling membantu atau dengan kata lain barang komplementer adalah barang yang saling melengkapi, dimana apabila dikaitkan dengan pariwisata barang komplementer ini sebagai objek wisata yang saling melengkapi dengan objek wisata lainnya.

 

“Harga, pendapatan wisatawan, sosial budaya, kondisi politik, kondisi keluarga, produk pengganti, dan produk pelengkap adalah factor pendorong atau pelemah terhadap permintaan”

 

 

Sedangkan Jackson, 1989 (dalam Pitana, 2005) melihat bahwa faktor penting yang menentukan permintaan pariwisata berasal dari komponen daerah asal wisatawan antara lain, jumlah penduduk (population size), kemampuan finansial masyarakat (financial means), waktu senggang yang dimiliki (leisure time), sistem transportasi, dan sistem pemasaran pariwisata yang ada.

About raiutama

igustibagusraiutama@gmail.com
This entry was posted in Journal. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s