Dosen Undhira dipercaya Sebagai Keynote Speaker International Workshop

UPM WorkshopDr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., MMA., MA, Dosen Undhira, yang merupakan salah seorang doktor pariwisata, dipercaya sebagai keynote speaker pada International Workshop yang diselenggarakan oleh Fakultas Kehutanan Universitas terbaik di Malaysia yakni Universiti Putra Malaysia pada tanggal 25 – 26 Mei 2015. Materi yang disampaikan pada workshop tersebut adalah tentang Forest Recreation and Tourism Education di Indonesia khususnya berhubungan dengan Ecotourism. Keynote spaker yang lainnya adalah Prof. Dr. Juan Pulhin dari Philipina untuk materi Forest Management, dan Prof. Dr. Songlod Jarusombuti dari Thailand untuk membawakan materi Wood Science and Technology.

Ada fenomena menarik yang terjadi pada negara-negara di ASEAN, bahwa minat generasi muda untuk melanjutkan studinya pada fakultas kehutanan semakin menurun dari tahun ke tahun. Pada diskusi yang melibatkan ratusan mahasiswa fakultas kehutanan tersebut, terkuak bahwa program studi atau fakultas kehutanan dianggap kurang dapat memberikan peluang kerja yang menarik minat generasi muda.

Rai Utama pada materi yang disajikannya, menjelaskan bahwa untuk meningkatkan minat generasi muda untuk melanjutkan studi di fakultas kehutanan, diperlukan inovasi dan kreatifitas untuk senantiasa mengetahui kebutuhan pasar kerja saat ini dan mendatang. Kolaborasi dengan sektor lain seperti pariwisata adalah salah satu jawabannya. Ecotourism adalah bentuk kolaborasi antara sektor kehutanan dengan pariwisata. Begitu juga Agrotourism adalah kolabrorasi antara pertanian dengan Pariwisata. Menurutnya, Sektor pariwisata adalah sektor yang paling seksi untuk dikolaborasikan dengan sektor manapun.

Undangan menjadi keynote speaker pada event international tersebut merupakan salah satu jawaban atas pergumulan Universitas Dhyana Pura yang kini telah memilih 13 program studi yang terakterditasi yakni S1 Manajemen, S1, Sastra Inggris, S1 Psikologi, S1 PG Paud, S1 PG PKK, D3. Pemasaran, S1, Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, S1 Fisioterapi, S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Gizi, S1 Biologi, S1 Sistem Informasi, S1 Tehnik Informatika dan Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) dengan program pelatihan 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun, dalam mengimplementasikan karakater ke-7 dari 7 Karakter Undhira yang senantiasa ditanamkan bagi seluruh civitas akademika yakni Global Outlook yang mengarahkan mahasiswa dan para dosennya dapat berkontribusi pada dunia international. Untuk mencapai visi menjadi Universitas Teladan dan Unggulan, Undhira senantiasa berinovasi dan memberikan kesempatan bagi para dosen dan juga mahasiswa untuk berkreatifitas sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.

Sumber: http://undhirabali.ac.id/dosen-undhira-dipercaya-sebagai-keynote-speaker-international-workshop/#more-803

About raiutama

igustibagusraiutama@gmail.com
This entry was posted in Journal. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s