Buku Pemasaran Pariwisata
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.jsBanyak kalangan yang menerapkan teori dan konsep-konsep pemasaran produk barang pada pemasaran pariwisata, padahal karakteristik produk pariwisata amatlah berbeda. Buku ini menyajikan perbedaan yang mendasar antara pemasaran produk pada umumnya dengan produk pariwisata khususnya di Indonesia yang saat ini sedang menggalakkan sektor kreatif ini sebagai sektor andalan pembangunan. Diharapkan buku ini dapat memberikan warna yang berbeda pada kelompok buku pemasaran dan sekaligus menjadi buku yang berguna bagi semua kalangan seperti mahasiswa pariwisata, para pengelola bisnis pariwisata, dan masyarakat umum lainnya
Seiring dengan lahirnya ilmu pariwisata yang telah memberikan manfaat bagi kesejahteraan umat manusia. Perjalanan dan pergerakan wisatawan merupakanh salah satu bentuk kegiatan dasar manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang beragam, baik dalam bentuk pengalaman, pencerahan, penyegaran fisik dan psikis maupun dalam bentuk aktualisasi diri. Buku pemasaran pariwisata ini menyajikan materi sebagai berikut ini: kajian pariwisata dari perspektif ekonomi, bauran pemasaran pariwisata, daur hidup destinasi pariwisata, komunikasi pemasaran pariwisata, pemasaran holistik dalam industri jasa pariwisata, konsumen pariwisata dan motivasi berwisata, bauran produk pariwisata, suplai pariwisata, industri akomodasi dan kuliner pariwisata, paket wisata, segmentasi pasar, mengukur kepuasan wisatawan, mengukur loyalitas wisatawan, citra destinasi pariwisata, strategi pemasaran destinasi pariwisata berkelanjutan, potensi segmen pasar wisatawan senior, dan e-commerce pada industri pariwisata.
Buku ini baik sebagai referensi untuk memahami bauran pemasaran produk pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan hubungan dengan daya tarik pariwisata, memahami bentuk dan jenis pariwisata yang akan dipasarkan, dan memberikan gambaran dalam proses perencanaan, pengenalan, pengembangan pariwisata dan promosi daya tarik wisata yang efektif dan efesien sesuai dengan karakteristik produk pariwisata.
Terimakasih saya ucapkan kepada banyak pihak yang telah berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung untuk terbit buku ini, semoga bermanfaat untuk kemajuan pendidikan pariwisata dan hospitalitas di Indonesia.
Secara khusus penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt. yang telah bersedia menjadi pendamping hibah penulisan buku ajar tahun 2016 yang oleh perannyalah buku ini
akhirnya dapat diselesaikan. Pada kesempatan ini, penulis juga mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan yang telah meloloskan naskah buku ini sebagai salah satu pemenang Program Hibah Penulisan Buku Ajar Tahun 2016 sehingga buku ini dapat dicetak, didanai, dan dipublikasikan.
Silahkan order di ORDER BUKU LANGSUNG DI PENERBIT
Buku: Pemasaran Pariwisata
https://andipublisher.com/filter?sort=top&keyword=Pemasaran+Pariwisata
DAFTAR ISI
PRAKATA ii
BAB I 1
PARIWISATA DARI PERSPEKTIF EKONOMI 1
1.1 Definisi Pariwisata di Indonesia 1
1.2 Pariwisata Mesin Penggerak Perekonomian Dunia 4
1.3 Dampak Pariwisata terhadap Perekonomian 8
BAB II 15
BAURAN PEMASARAN PARIWISATA 15
2.1 Pemasaran sebagai sebuah proses 15
2.2 Elemen Pemasaran Pariwisata 16
2.3 Konsep Pemasaran jasa 18
2.4 Bauran Pemasaran yang diperluas untuk Jasa Pariwisata 19
BAB III 27
DAUR HIDUP DESTINASI PARIWISATA 27
3.1 Trend Positif Pariwisata 27
3.2 Daur Hidup Destinasi 30
3.2.1 Tourist Area Lifecycle 30
3.2.2 Index of Irritation 33
BAB IV 41
KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA 41
4.1 Komunikasi Pemasaran Pariwisata 41
3.2 Kondisi Jasa Pariwisata Global 43
4.3 Fungsi Bagian Pemasaran 45
4.4 Proses Perencanaan Pemasaran 47
4.5 Faktor Politik dan Hukum 50
4.6 Faktor Ekonomi 50
4.7 Faktor Sosial Budaya 50
4.8 Faktor Teknologi 51
4.9 Lingkungan Media 52
4.10 Industri Komunikasi Pemasaran 53
4.11 Industri Komunikasi dan Operasi Pemasaran 53
4.12 Komunikasi Pemasaran sebagai Pembentuk Loyalitas Pelanggan 55
4.13 Pembentukan Visitor Center sebagai Progran Komunikasi pemasaran yang efektif 57
BAB V 62
PEMASARAN HOLISTIK DALAM INDUSTRI JASA PARIWISATA 62
5.1 Rantai Rantai Layanan 62
5.2 Kualitas layanan internal (internal service quality) 67
5.3 Kepuasan karyawan (employee satisfaction) 68
5.4 Loyalitas karyawan (employee loyalty) 69
5.5 Nilai layanan eksternal (external service value) 70
5.6 Kepuasan pelanggan (customer satisfaction) 70
5.7 Loyalitas pelanggan (customer loyalty) 71
5.8 Pertumbuhan pendapatan (revenue growth) 72
5.9 Profitabilitas (Profitability) 73
BAB VI 74
KONSUMEN PARIWISATA DAN MOTIVASI BERWISATA 74
6.1 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perjalanan 74
6.1.1 Aspek Penawaran Pariwisata 75
6.1.2 Aspek Permintaan Pariwisata 76
6.2 Motivasi Melakukan Perjalanan Wisata 77
BAB VII 85
BAURAN PRODUK PARIWISATA 85
7.1 Bauran Produk Pariwisata 85
7.2 Pengertian Jasa Pariwisata 90
7.2.1 Dimensi Spasial 91
7.2.2 Dimensi Industri 92
7.2.3 Dimensi Akademis 93
7.2.4 Dimensi Sosial Budaya 93
7.3 Definisi Pariwisata di Indonesia 94
BAB VIII 98
SUPLAI PARIWISATA 98
8.1 Kategorisasi Suplai Pariwisata 98
8.1.1 Prasarana Pariwisata 98
8.1.2 Sarana Pariwisata 99
8.1.3 Daya Tarik Wisata 101
8.1.4 Organisasi Kepariwisataan 101
8.1.5 Daya Tarik Wisata 101
8.2 Jenis-Jenis Pariwisata 104
8.2.1 Wisata Budaya 104
8.2.2 Wisata Maritim atau Bahari 104
8.2.3 Wisata Cagar Alam 105
8.2.4 Wisata MICE 106
8.2.5 Wisata Agro 111
8.2.6 Wisata Buru 114
8.2.7 Wisata Ziarah 115
BAB IX 118
INDUSTRI AKOMODASI DAN KULINER PARIWISATA 118
9.1 Pengertian Hotel 118
9.2 Klasifikasi Hotel 119
9.2.1 Jenis hotel menurut tujuan kedatangan tamu 119
9.2.2 Jenis hotel menurut lamanya tamu menginap 120
9.2.3 Jenis hotel menurut jumlah kamar 121
9.2.4 Jenis hotel menurut lokasinya 121
9.2.5 Klasifikasi Berdasarkan Kelas 122
9.2.5 Klasifikasi Berdasarkan PHRI 122
9.3 Pelayanan Makanan dan Minuman Pariwisata 122
BAB X 124
PAKET WISATA 124
10.1 Definisi Paket Wisata 124
10.2 Paket Wisata Luar Negeri 125
10.3 Paket Wisata Domestik 129
BAB XI 133
SEGMENTASI PASAR 133
11.1 Definisi Segmen Pasar 133
11.2 Segmentasi pasar 134
11.3 Pola Segmentasi Pasar 137
11.4 Segmentasi yang Efektif 138
11.5 Strategi Pemilihan Pasar 139
11.6 Manfaat Segmentasi Pasar 140
11.7 Target Pemasaran 141
BAB XII 142
MENGUKUR KEPUASAN WISATAWAN 142
12.1 Definisi Kepuasan 142
12.2 Mengukur Kepuasan 144
BAB XIII 147
MENGUKUR LOYALITAS WISATAWAN 147
13.1 Definisi Loyalitas 147
13.2 Mengukur Loyalitas Konsumen 148
13.3 Loyalitas Wisatawan terhadap Destinasi 150
BAB XIV 157
CITRA DESTINASI PARIWISATA 157
14.1 Citra Destinasi Pariwisata 157
14.2 Faktor Pembentuk Citra Destinasi 159
BAB XV 162
STRATEGI PEMASARAN DESTINASI PARIWISATA BERKELANJUTAN 162
15.1 Strategi dan Perubahan 162
15.2 Prospek dan Tantangan Pariwisata 165
15.3 Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata 168
15.3.1 Tahap Identifikasi 168
15.3.2 Tahap Formulasi Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata 171
15.3.3 Tahap Implementasi 172
15.3.4 Kebijakan Produk 172
15.3.5 Kebijakan Harga 173
15.3.6 Saluran Distribusi Pemasaran (Marketing Distribution Channel) 173
15.4 Promosi (Promotion) 174
15.5 Monitoring dan Evaluasi 175
15.6 Studi Kasus Perumusan Strategi Pemasaran Objek dan Daya Tarik Wisata pada Taman Kupu-kupu Mutiara Kabupaten Jembrana Bali 176
BAB XVI 187
CERUK PASAR WISATAWAN SENIOR 187
16.1 Kecenderungan Pariwisata Global 187
16.2 Pemilihan Aktivitas Wisata Untuk Kaum Senior 190
16.3 Definisi Wisatawan Senior 194
16.4 Trend Wisatawan Senior Internasional dan Nasional 196
16.5 Pemilihan Aktivitas Leisure Wisatawan Senior 197
BAB XVII 201
E-COMMERCE PADA INDUSTRI PARIWISATA 201
17.1 E-Tourism 201
17.2 Electronic Commerce 205
17.2.1 Perspektif E-commerce 207
17.2.2 Jenis-Jenis E-COMMERCE 207
17.3 Aplikasi E-commerce Situs dan startup travel Populer 211
GLOSARIUM 217
DAFTAR PUSTAKA 221
INDEX 234
BIODATA PENULIS 236
You must be logged in to post a comment.