Buku: Pemasaran Pariwisata

Buku Pemasaran Pariwisata

cover-pemasaran-pariwisata
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.jsBanyak kalangan yang menerapkan teori dan konsep-konsep pemasaran produk barang pada pemasaran pariwisata, padahal karakteristik produk pariwisata amatlah berbeda. Buku ini menyajikan perbedaan yang mendasar antara pemasaran produk pada umumnya dengan produk pariwisata khususnya di Indonesia yang saat ini sedang menggalakkan sektor kreatif ini sebagai sektor andalan pembangunan. Diharapkan buku ini dapat memberikan warna yang berbeda pada kelompok buku pemasaran dan sekaligus menjadi buku yang berguna bagi semua kalangan seperti mahasiswa pariwisata, para pengelola bisnis pariwisata, dan masyarakat umum lainnya

Seiring dengan lahirnya ilmu pariwisata yang telah memberikan manfaat bagi kesejahteraan umat manusia. Perjalanan dan pergerakan wisatawan merupakanh salah satu bentuk kegiatan dasar manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang beragam, baik dalam bentuk pengalaman, pencerahan, penyegaran fisik dan psikis maupun dalam bentuk aktualisasi diri. Buku pemasaran pariwisata ini menyajikan materi sebagai berikut ini: kajian pariwisata dari perspektif ekonomi, bauran pemasaran pariwisata, daur hidup destinasi pariwisata, komunikasi pemasaran pariwisata, pemasaran holistik dalam industri jasa pariwisata, konsumen pariwisata dan motivasi berwisata, bauran produk pariwisata, suplai pariwisata, industri akomodasi dan kuliner pariwisata, paket wisata, segmentasi pasar, mengukur kepuasan wisatawan, mengukur loyalitas wisatawan, citra destinasi pariwisata, strategi pemasaran  destinasi pariwisata berkelanjutan, potensi segmen pasar wisatawan senior, dan e-commerce pada industri pariwisata.

Buku ini baik sebagai referensi untuk memahami bauran pemasaran produk pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan hubungan dengan daya tarik pariwisata, memahami bentuk dan jenis pariwisata yang akan dipasarkan, dan memberikan  gambaran  dalam  proses  perencanaan, pengenalan, pengembangan pariwisata dan promosi daya tarik wisata yang efektif dan efesien sesuai dengan karakteristik produk pariwisata.

Terimakasih saya ucapkan kepada banyak pihak yang telah berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung untuk terbit buku ini, semoga bermanfaat untuk kemajuan pendidikan pariwisata dan hospitalitas di Indonesia.

Secara khusus penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt. yang telah bersedia menjadi pendamping hibah penulisan buku ajar tahun 2016 yang oleh perannyalah buku ini

akhirnya dapat diselesaikan. Pada kesempatan ini, penulis juga mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan yang telah meloloskan naskah buku ini sebagai salah satu pemenang Program Hibah Penulisan Buku Ajar Tahun 2016 sehingga buku ini dapat dicetak, didanai, dan dipublikasikan.

Silahkan order di ORDER BUKU LANGSUNG DI PENERBIT

Buku: Pemasaran Pariwisata

https://andipublisher.com/filter?sort=top&keyword=Pemasaran+Pariwisata

DAFTAR ISI

PRAKATA     ii

BAB I 1

PARIWISATA DARI PERSPEKTIF EKONOMI   1

1.1 Definisi Pariwisata di Indonesia   1

1.2 Pariwisata Mesin Penggerak Perekonomian Dunia           4

1.3 Dampak Pariwisata terhadap Perekonomian        8

BAB II            15

BAURAN PEMASARAN PARIWISATA  15

2.1 Pemasaran sebagai sebuah proses 15

2.2 Elemen Pemasaran Pariwisata       16

2.3 Konsep Pemasaran jasa     18

2.4 Bauran Pemasaran yang diperluas untuk Jasa Pariwisata 19

BAB III          27

DAUR HIDUP DESTINASI PARIWISATA          27

3.1       Trend Positif Pariwisata          27

3.2       Daur Hidup Destinasi 30

3.2.1    Tourist Area Lifecycle            30

3.2.2    Index of Irritation       33

BAB IV          41

KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA     41

4.1 Komunikasi Pemasaran Pariwisata           41

3.2 Kondisi  Jasa Pariwisata Global    43

4.3 Fungsi Bagian Pemasaran 45

4.4 Proses Perencanaan Pemasaran     47

4.5 Faktor Politik dan Hukum            50

4.6 Faktor Ekonomi    50

4.7 Faktor Sosial Budaya        50

4.8 Faktor Teknologi   51

4.9 Lingkungan Media            52

4.10 Industri Komunikasi Pemasaran 53

4.11 Industri Komunikasi dan Operasi Pemasaran     53

4.12     Komunikasi Pemasaran sebagai Pembentuk Loyalitas Pelanggan      55

4.13 Pembentukan Visitor Center sebagai Progran Komunikasi pemasaran yang efektif      57

BAB V            62

PEMASARAN HOLISTIK DALAM INDUSTRI JASA PARIWISATA  62

5.1       Rantai Rantai Layanan           62

5.2       Kualitas layanan internal (internal service quality)     67

5.3       Kepuasan karyawan (employee satisfaction)  68

5.4       Loyalitas karyawan (employee loyalty)          69

5.5       Nilai layanan eksternal (external service value)          70

5.6       Kepuasan pelanggan (customer satisfaction)  70

5.7       Loyalitas pelanggan (customer loyalty)          71

5.8       Pertumbuhan pendapatan (revenue growth)   72

5.9       Profitabilitas (Profitability)     73

BAB VI          74

KONSUMEN PARIWISATA DAN MOTIVASI BERWISATA   74

6.1 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perjalanan    74

6.1.1 Aspek Penawaran Pariwisata     75

6.1.2 Aspek Permintaan Pariwisata    76

6.2 Motivasi Melakukan Perjalanan Wisata    77

BAB VII         85

BAURAN PRODUK PARIWISATA          85

7.1 Bauran Produk Pariwisata            85

7.2 Pengertian  Jasa Pariwisata           90

7.2.1 Dimensi Spasial  91

7.2.2 Dimensi Industri            92

7.2.3 Dimensi Akademis         93

7.2.4 Dimensi Sosial Budaya  93

7.3 Definisi Pariwisata di Indonesia   94

BAB VIII       98

SUPLAI PARIWISATA       98

8.1 Kategorisasi Suplai Pariwisata      98

8.1.1 Prasarana Pariwisata      98

8.1.2 Sarana Pariwisata           99

8.1.3 Daya Tarik  Wisata        101

8.1.4 Organisasi Kepariwisataan         101

8.1.5 Daya Tarik Wisata         101

8.2 Jenis-Jenis Pariwisata        104

8.2.1 Wisata Budaya   104

8.2.2 Wisata Maritim atau Bahari       104

8.2.3 Wisata Cagar Alam        105

8.2.4 Wisata MICE     106

8.2.5 Wisata Agro       111

8.2.6 Wisata Buru       114

8.2.7 Wisata Ziarah     115

BAB IX          118

INDUSTRI AKOMODASI DAN KULINER PARIWISATA       118

9.1 Pengertian Hotel   118

9.2 Klasifikasi Hotel   119

9.2.1 Jenis hotel menurut tujuan kedatangan tamu     119

9.2.2 Jenis hotel menurut lamanya tamu menginap    120

9.2.3 Jenis hotel menurut jumlah kamar          121

9.2.4 Jenis hotel menurut lokasinya    121

9.2.5    Klasifikasi Berdasarkan Kelas            122

9.2.5 Klasifikasi Berdasarkan PHRI   122

9.3 Pelayanan Makanan dan Minuman Pariwisata     122

BAB X            124

PAKET WISATA      124

10.1 Definisi Paket Wisata     124

10.2 Paket Wisata Luar Negeri           125

10.3 Paket Wisata Domestik   129

BAB XI          133

SEGMENTASI PASAR        133

11.1 Definisi Segmen Pasar    133

11.2 Segmentasi pasar 134

11.3 Pola Segmentasi Pasar    137

11.4 Segmentasi yang Efektif 138

11.5 Strategi Pemilihan Pasar 139

11.6 Manfaat Segmentasi Pasar          140

11.7 Target Pemasaran            141

BAB XII         142

MENGUKUR KEPUASAN WISATAWAN           142

12.1 Definisi Kepuasan           142

12.2 Mengukur Kepuasan       144

BAB XIII       147

MENGUKUR LOYALITAS WISATAWAN          147

13.1 Definisi Loyalitas            147

13.2  Mengukur Loyalitas Konsumen 148

13.3  Loyalitas Wisatawan terhadap Destinasi           150

BAB XIV       157

CITRA DESTINASI PARIWISATA           157

14.1 Citra Destinasi Pariwisata           157

14.2 Faktor Pembentuk Citra Destinasi          159

BAB XV         162

STRATEGI PEMASARAN  DESTINASI PARIWISATA BERKELANJUTAN 162

15.1 Strategi dan Perubahan   162

15.2 Prospek dan Tantangan Pariwisata         165

15.3 Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata            168

15.3.1 Tahap Identifikasi        168

15.3.2 Tahap Formulasi Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata      171

15.3.3 Tahap Implementasi     172

15.3.4 Kebijakan Produk        172

15.3.5 Kebijakan Harga          173

15.3.6 Saluran Distribusi Pemasaran (Marketing Distribution Channel)        173

15.4 Promosi (Promotion)       174

15.5 Monitoring dan Evaluasi 175

15.6 Studi Kasus Perumusan Strategi Pemasaran Objek dan Daya Tarik Wisata pada Taman Kupu-kupu Mutiara  Kabupaten Jembrana  Bali      176

BAB  XVI      187

CERUK PASAR WISATAWAN SENIOR 187

16.1 Kecenderungan Pariwisata Global          187

16.2 Pemilihan Aktivitas Wisata Untuk Kaum Senior           190

16.3 Definisi Wisatawan Senior         194

16.4 Trend Wisatawan Senior Internasional dan Nasional     196

16.5 Pemilihan Aktivitas Leisure Wisatawan Senior  197

BAB XVII      201

E-COMMERCE PADA INDUSTRI PARIWISATA          201

17.1 E-Tourism           201

17.2 Electronic Commerce      205

17.2.1 Perspektif E-commerce            207

17.2.2 Jenis-Jenis E-COMMERCE    207

17.3 Aplikasi E-commerce Situs dan startup travel Populer   211

GLOSARIUM            217

DAFTAR PUSTAKA            221

INDEX           234

BIODATA PENULIS            236